Ini Info Kesehatan

Terlengkap Berita Seputar Kesehatan Dan Tips Hidup Sehat
5 Biji Buah Yang Berbahaya dan Beracun

5 Biji Buah Yang Berbahaya dan Beracun

Buah-buahan mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Padahal, hampir semua bagian buah (termasuk biji) bisa dikonsumsi dan mengandung nutrisi yang tak kalah tinggi.

Tapi, tahukah Anda, tidak semua biji buah bisa dimakan, lho. Beberapa jenis biji buah mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Misalnya, kandungan sianida alami dalam buah-buahan tertentu.

Berikut ulasan biji buah yang ternyata beracun, lihat ulasan di bawah ini:

5 Biji Buah Yang Berbahaya dan Beracun
5 Biji Buah Yang Berbahaya dan Beracun

1. Biji Apel

Biji apel mengandung amygdalin – bagian dari perlindungan alami kulit luar. Ketika biji buah dikunyah dan dicerna, amigdalin ini akan berubah menjadi hidrogen sianida.

Meluncurkan Medical News Today, satu gram biji apel memiliki kadar amigdalin, satu hingga empat miligram, tergantung pada masing-masing jenis. Ketika dikunyah, biji apel akan menghasilkan 0,06 – 0,24 miligram sianida.

Namun, biji apel yang baru akan membahayakan kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, sekitar 20 buah per hari. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika Anda tidak sengaja menelan beberapa butir biji.

2. Biji Buah Aprikot

Biji aprikot mengandung bahan kimia beracun yang disebut amigdalin. Senyawa ini bisa berubah menjadi sianida dan membahayakan kesehatan.

Selain itu, pada tahun 2010, “keracunan sianida yang disebabkan oleh konsumsi biji aprikot” memeriksa kasus 13 anak yang menderita keracunan karena mengonsumsi biji aprikot. Mereka dilaporkan mengalami hipotensi, kejang, dan koma.

3. Biji Persik

Persik memang mengandung banyak manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kesehatan kulit, hingga membantu pencernaan. Namun, biji buah ini justru bisa berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Sama seperti apel dan aprikot, biji persik mengandung amygdalin yang dapat berubah menjadi sianida. Tiga puluh biji persik mentah (satu ons) mengandung sekitar 204 mg hidrogen sianida, melebihi batas sianida yang dapat ditoleransi tubuh.

4. Biji Buah Plum

Meski ukurannya relatif kecil, ternyata biji prem memiliki kandungan amygdalin tertinggi, lho.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti University of Leeds pada tahun 2014, dalam setiap satu gram biji prem hijau mengandung setidaknya 17,5 mg amygdalin. Sementara itu, kadar amigdalin dalam biji prem hitam mencapai 10 mg per gram.

5. Biji Buah Ceri

Biji ceri yang tertelan setelah dikunyah atau dimusnahkan dapat melepaskan racun yang berbahaya bagi tubuh. Karena biji buah merah memiliki kandungan amigdalin 3,9 mg per gram.

Meskipun risiko keracunan ini hanya dapat terjadi jika biji buah kita mengunyah dan mengonsumsinya dalam jumlah banyak, cobalah untuk tidak mencampurnya dalam blender saat Anda ingin membuat jus.

Leave a Reply