Ini Info Kesehatan

Terlengkap Berita Seputar Kesehatan Dan Tips Hidup Sehat
5 Jenis Makanan dan Minuman Yang Membuat Anda Beser

5 Jenis Makanan dan Minuman Yang Membuat Anda Beser

Keinginan untuk buang air kecil terus menerus atau kita kenal sebagai beser tentu kegiatan yang sangat mengganggu. Apalagi jika itu terjadi saat melakukan pekerjaan atau perjalanan jauh.

Lebih parah atau dalam istilah kesehatan disebut Overactive Bladder (OAB) adalah ketidakmampuan tubuh untuk mengontrol kandung kemih sehingga produksi urin meningkat.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko pengembangan zat besi. Misalnya, dehidrasi atau pilihan makanan yang tidak pantas.

5 Jenis Makanan dan Minuman Yang Membuat Anda Beser
5 Jenis Makanan dan Minuman Yang Membuat Anda Beser

Berikut ini 5 makanan dan minuman yang harus dihindari agar tidak bolak-balik ke toilet:

1. Makanan pedas

Selain menyebabkan mulas, makanan pedas bisa menjadi penyebab utama buang air kecil yang berlebihan. Dilansir dari Urology Care Foundation, sensasi makanan pedas panas bisa menyebabkan iritasi pada kandung kemih.

Ini akan menyebabkan lapisan pada dinding kandung kemih menipis. Pada kasus-kasus serius, iritasi ini juga menyebabkan inkontinensia urin atau kontraksi pada otot-otot dinding kandung kemih yang memaksa urin lewat terus menerus.

2. Makanan asam

Tidak hanya makanan pedas, terlalu banyak makan makanan asam juga bisa menyebabkan beser. Karena, berdasarkan jurnal dari Klinik Cleveland pada 2015, jeruk, tomat, dan makanan dengan pH di bawah 6 biasanya mengandung asam nitrat tingkat tinggi.

Asam nitrat korosif dapat meningkatkan risiko iritasi kandung kemih. Akibatnya, otot-otot di saluran kemih akan rileks dan menyebabkan produksi urin yang tidak terkontrol.

3. Minuman berkafein

Apakah Anda suka kopi atau teh? Anda akan sering merasakan frekuensi buang air kecil yang meningkat setelah mengonsumsi kedua minuman ini.

Jangan heran, karena minuman yang mengandung kafein memang memiliki sifat diuretik. Dari sebuah jurnal yang dirilis oleh PubMed pada tahun 2011, minuman berkafein menyebabkan kandung kemih menjadi lebih sensitif sehingga produksi urin tidak dapat dikontrol dengan baik.

4. Minuman berenergi

Sama seperti kopi atau teh, minuman berenergi juga bersifat diuretik. Tidak hanya itu, umumnya minuman berenergi memiliki kadar gula tinggi atau pemanis buatan.

Konten tersebut ternyata menyebabkan saluran kemih dan ginjal bekerja lebih keras. Akibatnya kita akan lebih sering buang air kecil, bahkan sering kali disertai rasa sakit dan sakit.

5. Penyedap rasa

Saat memasak, kita sering menambahkan perasa untuk meningkatkan cita rasa makanan. Tapi, Anda sebaiknya tidak menambahkan terlalu banyak rasa jika Anda tidak ingin bolak-balik ke toilet.

Penyedap yang berlebihan membuat kandung kemih bekerja lebih keras dan secara aktif menghasilkan urin. Ini akan menyebabkan munculnya anyang-anyangan yang menyebabkan buang air kecil berlebihan.

Leave a Reply