Ini Info Kesehatan

Terlengkap Berita Seputar Kesehatan Dan Tips Hidup Sehat
5 Makanan untuk Meredakan Gusi yang Bengkak

5 Makanan untuk Meredakan Gusi yang Bengkak

Gusi yang bengkak menjadi salah satu gangguan mulut yang sering dialami banyak orang. Pembengkakan gusi dapat terjadi karena berbagai faktor; dari penumpukan plak, gigi berlubang, atau kurangnya asupan vitamin.

Meski terlihat sepele, namun rasa sakit yang ditimbulkan cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi saat mengunyah makanan.

Tidak perlu khawatir, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu meredakan gusi yang bengkak. Nutrisi di dalamnya mampu melawan peradangan yang terjadi di gusi.

5 Makanan untuk Meredakan Gusi yang Bengkak
5 Makanan untuk Meredakan Gusi yang Bengkak

Berikut ini adalah ulasan berikut:

1. Kacang

Saat gusinya bengkak, cobalah mengonsumsi kacang macadamia, pistachio, atau wijen yang kaya akan omega-3. Komponen tersebut berfungsi sebagai antiinflamasi dan mampu melawan gusi. Tidak hanya itu, kacang juga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh.

2. Salmon

Spesies ikan seperti salmon dan mackerel adalah sumber nutrisi yang baik dan kaya akan omega-3. Tidak hanya itu, kandungan minyak di dalamnya juga bertindak sebagai antiinflamasi dan baik untuk sistem kekebalan tubuh.

3. Daging Ayam

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan ko-enzim Q10 (CoQ10) dapat meningkatkan risiko pengembangan penyakit gusi. Untuk menambah asupan CoQ10, Anda bisa mengonsumsi daging ayam.

Selain kaya akan CoQ10, daging ayam juga mengandung kolagen yang sama efektifnya melawan penyakit gusi. Konsumsilah juga bagian kulit yang paling banyak mengandung kolagen.

4. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Vitamin C dapat membantu mengatasi gusi yang bengkak. Berbagai nutrisi lain juga dapat ditemukan dalam brokoli; mulai dari vitamin B1, magnesium, zat besi, kalsoun, niasin, dan selenium.

5. Ubi jalar

Umbi ini mengandung nutrisi penting untuk melawan gusi bengkak, yaitu beta karoten. Komponen-komponen ini dapat mengurangi peradangan dan menyediakan elemen untuk membentuk vitamin A.

Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin C, vitamin B6, dan mangan yang tak kalah tinggi.

Leave a Reply