Ini Info Kesehatan

Terlengkap Berita Seputar Kesehatan Dan Tips Hidup Sehat
5 Minuman yang Tidak Boleh dikonsumsi Saat Perut Kosong

5 Minuman yang Tidak Boleh dikonsumsi Saat Perut Kosong

Memiliki segudang aktivitas setiap hari terkadang membuat sebagian orang melewatkan nama sarapan. Berbagai faktor yang menyebabkan mereka tidak meluangkan waktu untuk mengisi perut dengan sarapan di pagi hari. Misalnya, karena alasan tergesa-gesa.

Meninggalkan perut kosong untuk waktu yang lama bukanlah alasan yang masuk akal atau tidak baik. Kebiasaan meninggalkan perut kosong semacam ini tentu tidak baik jika dilakukan terus menerus. Karena akan ada kerusakan pada organ tubuh, terutama perut.

Terkadang, di tengah aktivitas yang ramai Anda sering mengambil cara instan seperti mengambil semua jenis yang mudah diakses. Misalnya, minuman paling praktis yang bisa didapat dengan membeli di toko atau membuatnya sendiri dengan proses yang tidak rumit.

5 Minuman yang Tidak Boleh dikonsumsi Saat Perut Kosong
5 Minuman yang Tidak Boleh dikonsumsi Saat Perut Kosong

Karena terlalu terburu-buru, Anda tidak punya waktu untuk memperhatikan kandungan nutrisi dari minuman yang Anda konsumsi. Dianggap sepele, karena hanya berupa minuman. Padahal ada beberapa jenis minuman yang mungkin tidak Anda konsumsi saat perut Anda kosong.

Telah dirangkum dari berbagai sumber beberapa minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong. Saat dipaksakan, itu dapat mengganggu dan bahkan merusak kesehatan tubuh.

kopi

Jika Anda memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari, Anda perlu memperhatikan sedikit waktu untuk mengkonsumsinya. Minum kopi setelah bangun tidur dan sebelum jam 9:30 pagi tidak disarankan. Ya, minum kopi dengan perut kosong dapat meningkatkan keasaman dan dapat memicu mulas hingga gangguan pencernaan sepanjang hari.

Para ilmuwan mengatakan bahwa tubuh sering menghasilkan jumlah hormon stres kortisol yang lebih tinggi, di mana kortisol membantu Anda tetap berenergi antara pukul delapan dan sembilan pagi.

Nah, jika Anda mengonsumsi kopi sebelum atau selama jam-jam ini, maka kafein akan mengurangi produksi kortisol di pagi hari. Jadi, Anda bisa terus mengonsumsi kopi setelah jam 9:30 pagi.

Alkohol

Tanpa makanan di perut, alkohol dapat mengalir langsung ke aliran darah. Ketika alkohol berada dalam aliran darah, itu menyebabkan pembuluh darah membesar dan menghasilkan perasaan hangat sementara.

Alkohol mengalir melalui perut, ginjal, paru-paru, hati, dan kemudian otak. Nah, mengisi perut dengan makanan di perut dapat memperlambat efek alkohol dan meminimalkan kerusakan pada organ.

Minuman dingin

Makan minuman dingin jenis apa pun pada perut kosong dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan usus. Minuman dingin dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman. Dianjurkan untuk minum segelas air hangat di pagi hari sebelum sarapan atau ketika perut masih kosong, karena dapat meningkatkan fungsi pencernaan, sirkulasi, dan membantu mengurangi berat badan.

Minuman manis

Makan banyak gula tidak baik untuk kesehatan Anda. Produk gula olahan akan memiliki efek buruk yang sama jika dikonsumsi terus menerus. Ini karena mengonsumsi minuman manis saat perut kosong dapat memengaruhi kerja hati. Apalagi bagi Anda yang menderita diabetes.

Minuman manis atau produk gula olahan tidak baik dikonsumsi jika perut kosong. Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi minuman manis atau olahan gula lainnya, ada baiknya minum air terlebih dahulu dan makan sarapan yang bergizi.

Soda

Beberapa orang sudah tahu bahwa mengonsumsi minuman bersoda ketika perut kosong tidak dianjurkan, terutama ketika Anda bangun. Soda yang memiliki kandungan karbonasi sangat tinggi dapat menyebabkan perut dingin saat perut kosong. Kandungan dalam soda bisa merusak selaput lendir perut Anda, sehingga bisa memperlambat proses pencernaan makanan.

Leave a Reply