Ini Info Kesehatan

Terlengkap Berita Seputar Kesehatan Dan Tips Hidup Sehat
7 Manfaat Manggis untuk Kesehatan

7 Manfaat Manggis untuk Kesehatan

Manggis memiliki bentuk yang unik. Terdiri dari tiga bagian utama, yaitu kulit ungu tua, kulit luar atau kulit buah Mangostein yang agak keras, kemudian dimakan daging putih yang melekat pada biji. Namun, biji manggis ini rasanya sangat pahit dan tidak bisa dimakan.

Buah manggis sangat populer di kalangan banyak orang karena rasanya manis dan agak asam. Tapi bukan hanya enak, manggis juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Tidak hanya buahnya, bahkan ekstrak kulit manggis telah dikenal memiliki manfaat kesehatan yang besar.

7 Manfaat Manggis untuk Kesehatan
7 Manfaat Manggis untuk Kesehatan

Manfaat manggis bagi kesehatan tidak terlepas dari beragam nutrisi yang dikandungnya. Bahkan manggis adalah buah yang telah dikenal sebagai obat tradisional dari berbagai negara Asia, sejak abad ke-18. Berikut ini ringkasan dari berbagai sumber, tentang manfaat buah manggis.

Mengatasi kanker

Alpha Mangostin yang terkandung dalam ekstrak manggis dapat menghambat kanker payudara, seperti yang diungkapkan Kritsanawong dalam penelitiannya. Ini tidak terlepas dari kandungan alpha mangostin dalam buah manggis yang memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal yang menyebabkan kanker berkembang. Biasanya alpha-mangostin dikonsumsi dalam bentuk suplemen makanan.

Selain itu, ada juga penelitian dari Wang JJ yang mengungkapkan bahwa buah manggis juga bermanfaat dalam mengatasi kanker kulit. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa ini disebabkan oleh ekstrak etanol yang dihasilkan dari dinding buah manggis. Efek yang biasanya ditimbulkan oleh kanker kulit dapat ditangkal oleh kemampuan yang dimiliki oleh ekstrak etanol dari buah manggis.

Kontrol Diabetes

Donald O ‘Mathuna, dari Ohio State University, Amerika Serikat pernah membuat buku tentang pengobatan alternatif. Dalam bukunya ia menulis tentang penggunaan manggis untuk menyembuhkan diabetes. Secara efektif manggis mampu mengelola dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Melawan Alergi dan Mencegah Alzheimer

Manfaat manggis selanjutnya adalah melawan alergi. Dalam sebuah penelitian di Jepang terungkap bahwa manggis dapat melawan alergi. Ekstrak manggis dapat menghambat histamin atau menyebabkan tubuh gatal selama alergi dan menyebabkan tubuh mengalami peradangan selama alergi, juga disebut sintesis prostaglandin

Cegah penyakit Alzheimer

Salah satu manfaat utama manggis bagi kesehatan adalah efektivitasnya dalam mencegah penyakit Alzheimer. Alzheimer biasanya disertai dengan gejala seperti kebingungan dan kesulitan mengingat sesuatu. Satu penelitian dari Universitas Borodubur mengatakan bahwa manggis mengandung xanthone yang cukup besar, dibandingkan buah-buahan lainnya.

Mencegah TB dan Menurunkan Berat Badan

Xanthone yang dimiliki oleh manggis dapat mencegah tubuh dari terserang tuberkulosis atau tuberkulosis. Ini terungkap dari sebuah penelitian oleh Sukamarn dari Thailand. Kandungan alfa manggis dan beta manggis dalam manggis dapat memperlambat jalur mycobacterium tuberculosis yang merupakan bakteri yang menyebabkan tuberkulosis. Dengan mangga, konsentrasi bakteri penyebab TBC akan berkurang.

Menurunkan berat badan

Masih terkait dengan xanthones, manggis juga bisa menurunkan berat badan. Memasukkan manggis dalam menu diet akan efektif dalam penurunan berat badan. Berbagai nutrisi yang ditemukan dalam buah manggis juga dapat memastikan kesehatan meningkat. Manggis membantu mencegah kenaikan berat badan, dengan membakar lemak.

Atasi peradangan

Sehubungan dengan alpha manggis dan beta manggis yang terkandung dalam buah manggis, sebuah studi yang dilakukan oleh LG LG menemukan bahwa manggis bermanfaat dalam memerangi peradangan. Alfa manggis dan gamma manggis ini memiliki kemampuan untuk menghambat produksi oksida nitrat, gas yang dapat memperburuk kondisi peradangan yang Anda alami.

Leave a Reply