Ini Info Kesehatan

Terlengkap Berita Seputar Kesehatan Dan Tips Hidup Sehat
7 Jenis Makanan Yang Dapat Memperburuk Gejala Flu

7 Jenis Makanan Yang Dapat Memperburuk Gejala Flu

Gejala flu biasanya disertai flu. Kondisi hidung yang penuh ingus tentu cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi kita harus terus membuang dan membersihkannya.

Nah, ternyata, beberapa makanan yang biasa kita makan justru bisa membuat pilek bertambah parah, lho. Ada beberapa jenis makanan tertentu yang membuat tubuh memproduksi lebih banyak lendir. Ada juga makanan yang bisa menyebabkan peradangan, dan membuat pernapasan lebih tersumbat.

Di bawah ini kami akan mengulas makanan yang memperburuk gejala flu, dan yang berikut ini:

7 Jenis Makanan Yang Dapat Memperburuk Gejala Flu
7 Jenis Makanan Yang Dapat Memperburuk Gejala Flu

1. Keju

Merupakan produk susu, keju dapat membuat gejala pilek yang kita alami menjadi semakin parah. Karena keju mengandung kasein, senyawa yang membentuk lendir.

Senyawa ini memiliki tekstur seperti komponen lem dan histamin, sehingga menciptakan penumpukan dan penebalan lendir dalam tubuh. Tidak hanya itu, keju juga dapat menyebabkan peradangan yang mengakibatkan penurunan respons sistem kekebalan tubuh.

2. Makanan manis

Pemanis buatan yang sering ditambahkan ke berbagai makanan penutup bisa membuat hidung meler Anda lebih buruk. Gula jenis ini akan menyebabkan peradangan pada tubuh.

Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan terhambat dan pembentukan lendir di rongga sinus meningkat. Meski terlihat menggoda, hindari dulu mengonsumsi donat dan aneka kue manis sampai sembuh, ya.

3. Pisang

Buah kuning ini memang mengandung segudang manfaat kesehatan, tetapi dapat memiliki efek sebaliknya jika dikonsumsi saat pilek.

Pisang dapat memicu pelepasan komponen histamin bahan kimia yang diproduksi oleh sel-sel dalam tubuh ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi yang membuat produksi ingus semakin banyak.

Selain itu, kadar gula yang tinggi dalam pisang juga dapat menyebabkan peradangan, dan mengurangi efisiensi respon sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

4. Makanan pedas

Saat makan makanan pedas, tentu tidak jarang produksi ingus di hidung bertambah, kan? Ini karena makanan pedas dapat meningkatkan jumlah senyawa histamin dalam tubuh. Senyawa histamin ini akan membuat jaringan di hidung membengkak, dan dapat menyebabkan hidung tersumbat.

5. Cokelat

Menurut Rene Ficek, ahli gizi bersertifikat, seperti dilansir Eat This, sebagian besar cokelat yang dijual di pasaran mengandung pemanis buatan yang dapat meningkatkan jumlah jamur ragi dalam tubuh. Akibatnya, proliferasi bakteri meningkat, menyebabkan penyumbatan di rongga hidung.

Selain itu, beberapa jenis cokelat juga mengandung campuran susu yang bisa membuat pilek bertambah parah.

6. Goreng

Makanan yang digoreng jelas akan membuat tenggorokan Anda terasa tidak nyaman, terutama jika dimakan saat Anda terserang flu. Campuran tepung dan minyak akan meningkatkan peradangan, dan menekan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, Anda harus menghindari mengonsumsi makanan yang digoreng saat terkena flu.

7. Makanan cepat saji

Saat Anda terserang flu, nafsu makan memang cenderung berkurang. Agar perut tetap terisi, akhirnya junk food menjadi pilihan karena rasanya yang enak dan menggugah selera. Namun nyatanya, mengonsumsi junk food saat sedang flu justru bisa memperparah gejalanya.

Sebuah percobaan yang dirilis di situs web EurekAlert mengungkapkan bahwa makanan olahan mengandung aditif TBHQ. Zat ini diketahui meningkatkan beberapa protein yang menekan sistem kekebalan tubuh.

Akibatnya, gejala flu tidak hanya meningkat, tetapi efektivitas obat flu yang kita konsumsi juga berkurang.

Leave a Reply